Minggu, 04 Maret 2012

Peralatan Dalam Teknik Pengkabelan

Pada saat anda belajar jaringan, anda juga dituntut untuk bisa pengakabelan. Pada pengkabelan ini anda harus bisa menyusun sebuah kabel UTP. UTP singkatan dari Unshielded Twisted Pair; disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun saling berlilitan. sebelum Kita menuju ke TKP, ada baiknya anda harus tahu alat-alat yang di butuhkan dalam acara pengkabelan ini.

1. kabel UTP.

Kabel UTP adalah salah satu kabel yang paling sering digunakan dalam sebuah jaringan lokal (LAN) selain harganya yang relatif terjangkau, kabel jenis ini juga lebih mudah dipasang dan yang paling penting kinerja bisa diandalkan.


2. RJ45

Kabel RJ-45 adalah kabel Ethernet yang biasa digunakan dalamopologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya. Konektor RJ-45 ini memiliki konfigurasi dua macam, sesuai dengan perangkat yang ingin dihubungkannya.Fungsi konektor RJ 45 : Memudahkan penggantian pesawat telpon atau memudahkan untuk dipindah-pindah serta mudah untuk dicabut tanpa khawatir tersengat aliran listrik dan menghubungkan konektor LAN melalui sebuah pusat network. pada intinya RJ45 berfungsi sebagai penghubung antara ujung dari kabel UTP.










3. Crimping tool

Crimping tool adalah peralatan yang digunakan untuk meng-crimping RJ-45 yang sudah terpasang kabel UTP dengan benar. Fungsi Crimping Tool, diantaranya :
1. Digunakan untuk memotong kabel
2. Digunakan untuk mengelupas kabel
3. Digunakan untuk meng_crimping RJ-45



4. LAN Tester

LAN tester ini berfungsi untuk melihat koneksi antar kabel, apakah pin-pin yang terkoneksi sesuai dengan konfigurasi.


 Demikian peralatan yang digunakan dalam teknik pengkabelan jaringan.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

gimana dengan fungsi gunting atau cutter untuk mengelupas selimut kabel

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons