Kamis, 15 Maret 2012

Membuat Aplikasi J2ME dengan 2 Output ( String Item Dan TextBox )

     Untuk kali ini saya akan membahas masalah yang sama dengan yang sebelumnya, bedanya dengan tugas yang sebelumnya adalah untuk outputnya ada 2 keluaran. Program ini di buat dengan membuat banyak class di dalam satu package, untuk langkah-langkahnya sama dengan tugas sebelumnya, cuma untuk yang iini, pada class packagenya harus membuat banyak class.

akan saya jelaskan cara membuatnya :

  1. pertama anda harus membuat projectnya.
  2. jika sudah anda buat class pertamanya. misalkan dengan nama input, lalu masukkan script di bawah ini:
/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */

package prak2;

import javax.microedition.lcdui.*;

/**
 *
 * @author DANIEL
 */
public class input extends Form {

    private TextField tfnama, tfemail;

    public input (){
        super("input data");
        tfnama = new TextField("Nama", null, 30,TextField.ANY);
        tfemail = new TextField("Emaile", null, 30, TextField.EMAILADDR);
        append(tfnama);
        append(tfemail);

    }

    public String getNama (){
        return tfnama.getString();
    }
    public String getEmaile(){
        return tfemail.getString();
    }

}
        3. setelah selesai anda buat class yang kedua dengan nama show1, lalu masukkan scriptnya :

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */

package prak2;

import javax.microedition.lcdui.*;
/**
 *
 * @author DANIEL
 */
public class show1 extends Form {
    private StringItem stnama, stemail;

    public show1 () {
        super("Show 1");
        stnama = new StringItem("Nama : \t", null);
        stemail = new StringItem("Emaile : \t", null);
        append(stnama);
        append(stemail);
    }

    public void setNama (String Nama){
        stnama.setText(Nama);
    }

    public void setEmaile (String Emaile){
        stemail.setText(Emaile);
    }
}

    4. lalu anda buat lagi class yang ketiga dengan nama show2. masukkan scriptnya :

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */

package prak2;

import javax.microedition.lcdui.*;

/**
 *
 * @author DANIEL
 */
public class show2 extends TextBox {

    public show2 (){
        super("Tampilan Textbox", null, 50, 0);
    }

    public void setTextbox (String textbox){
        this.setString(textbox);
    }

}

   5. buat class yang terakhir dengan nama cobaMidlet, lalu masukkan scriptnya :

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */

package prak2;

import javax.microedition.lcdui.*;
import javax.microedition.midlet.*;

/**
 * @author DANIEL
 */
public class cobaMidlet extends MIDlet implements CommandListener {

    private input frminput;
    private show1 frmshow1;
    private show2 frmshow2;

    private Command cmexit, cmshow1, cmshow2, cmback;
    public void startApp() {
        if (frminput ==  null )
            frminput = new input();
        if (frmshow1 == null)
            frmshow1 = new show1();
        if (frmshow2 == null)
            frmshow2 = new show2();
        
        cmback = new Command("kembali", Command.BACK,  0);
        cmexit = new Command("keluar", Command.EXIT, 0);
        cmshow1 = new Command("show1", Command.OK, 0);
        cmshow2 = new Command("show2", Command.OK, 1);
        
        frminput.addCommand(cmexit);
        frminput.addCommand(cmshow1);
        frminput.addCommand(cmshow2);
        
        frmshow1.addCommand(cmback);
        frmshow2.addCommand(cmback);
        
        frminput.setCommandListener(this);
        frmshow1.setCommandListener(this);
        frmshow2.setCommandListener(this);
        
        Display.getDisplay(this).setCurrent(frminput);

    }

    public void pauseApp() {
    }

    public void destroyApp(boolean unconditional) {
    }

    public void commandAction(Command c, Displayable d) {
        if (d==frminput){
            if (c==cmexit){
                destroyApp(true);
                notifyDestroyed();
            }
            if (c==cmshow1){
                frmshow1.setNama(frminput.getNama());
                frmshow1.setEmaile(frminput.getEmaile());
                Display.getDisplay(this).setCurrent(frmshow1);
            }
            if (c==cmshow2){
                frmshow2.setTextbox(frminput.getNama() + "\n"+ frminput.getEmaile());
                Display.getDisplay(this).setCurrent(frmshow2);
            }
        }
        if (d==frmshow1){
            if (c==cmback){
                Display.getDisplay(this).setCurrent(frminput);
            }
        }
        if (d==frmshow2){
            if (c==cmback){
                Display.getDisplay(this).setCurrent(frminput);
            }
        }
    }
}

untuk outputnya seperti gambar dii bawah ini :

jika di tekan menu maka ada 2 pilihan, pilihan untuk menampilkan tampila pertama seperti di bawah ini :


dan jika di tekan show2 maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.


nah,, demikian cara untuk membuat aplikasinya. semoga bermanfaat.





0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons