Rabu, 29 Februari 2012

Menetukan Topik Yang Akan Ditulis Dalam Blogging

Sebenarnya ini bukan pertanyaan teknis, namun cukup sering ditanyakan sehingga saya memutuskan untuk memasukkan satu bagian singkat dalam panduan ini.
Pertanyaan tentang topik yang ditulis dapat terjawab dengan segera begitu Anda menemukan ceruk pasar Anda dan peran Anda di dalamnya. Jika Anda memulai suatu blog hanya untuk alasan pribadi maka konten yang Anda buat tentunya terserah Anda, tapi bila blog yang bersangkutan terkait dengan bisnis maka ceruk pasar menjadi faktor yang sangat menentukan.
Memang tidak ada salahnya menulis apa saja yang terlintas di benak Anda atau topik apa pun yang Anda sukai, tapi untuk membangun komunitas melalui blog... ceruk pasar yang Anda pilih harus jelas dan terarah. Pemirsa jarang ingin menghabiskan waktu untuk blog yang tidak jelas topik dan tujuannya, kecuali bila mereka membaca hanya untuk sebagai hiburan.
Saran saya, bila Anda benar-benar tidak tahu di mana harus memulai, konsultasikan dengan Google. Cari tahu apa yang ditulis sesama blogger tentang topik yang Anda pilih. Berlangganan RSS dan mengikutinya selama beberapa waktu akan membuka wawasan Anda mengenai apa yang dapat Anda tulis. Saya yakin setelah terjun ke dalamnya dan menguasai suatu bidang, hal-hal yang dapat Anda tulis sesungguhnya tidak terbatas.
Misalnya, jika menemukan topik yang menarik di blog lain dan Anda memiliki perspektif yang lain, atau pendapat yang berbeda, tidak ada salahnya memulai percakapan dari blog Anda dan memberikan tautan ke sumber. Dengan cara ini saya telah menjalin hubungan dengan banyak blogger ternama. Anda pun dapat melakukannya. Cara ini jauh lebih efektif sebagai pembuka percakapan dibanding email tak diundang. Blogger profesional seringkali memonitor apa yang dikatakan oleh rekan sesama blogger dan tautan yang masuk ke dalam blog mereka.
Anda juga dapat menjawab pertanyaan yang ditemukan di forum-forum. Mungkin jawaban Anda di forum terkesan ringkas tapi setelah melalui proses pemikiran yang cukup lama, pasti ada tambahan. Tidak ada salahnya menuliskannya agar ada arsipnya sehingga dapat ditemukan oleh orang lain.
Akan ada kesulitan ketika pertama kali menulis, tapi yakinlah selanjutnya selalu akan lebih mudah. Sampai suatu saat ide untuk topik akan lebih cepat berdatangan dan Anda tidak akan memiliki waktu yang cukup untuk menulis semuanya. Saat ini, mudah bagi saya untuk mendapatkan ide, tapi memilih ide yang tepat untuk ditulis sama sulitnya. Tantangan blogger di semua tingkatan selalu ada. Tinggal bagaimana Anda menyikapinya dan belajar darinya.

Bagaimana Anda Dapat Menciptakan Konten Yang Menarik?

Pada tahap ini, Anda telah memiliki blog dan menata komputer Anda sehingga dapat menulis kapan saja tanpa harus terkoneksi ke Internet. Anda juga sudah tahu apa yang harus ditulis pertama kali. Nah, sekarang pertanyaannya bagaimana Anda dapat menciptakan konten yang menarik sehingga dibaca orang terus menerus?
Menurut hemat saya, konten yang menarik bukanlah konten yang menurut Anda bagus. Semuanya harus dipikirkan dari perspektif seorang pembaca. Akan sangat membantu jika Anda memikirkannya sebagai aliran proses. Tentunya ini tergantung bagaimana pembaca Anda menemukan blog Anda.
Katakanlah semuanya bermula dari mesin pencari. Untuk dapat ditemukan di sana, Anda harus menggunakan keyword atau kata kunci yang dipakai oleh para pemirsa. Artinya Anda perlu melakukan riset kata kunci yang tepat untuk dipakai di tulisan blog Anda. Proses ini, termasuk cara optimasi blog agar ditemukan di mesin pencari merupakan satu bidangnya sendiri yang dinamakan SEO atau Search Engine Optimization.
Nah, saat menemukan tulisan Anda di mesin pencari... apa yang membuat seorang calon pembaca mengeklik halaman situs Anda? Sebuah judul yang menarik. Ya, judul tulisan Anda tidak boleh membosankan. Walaupun tulisan Anda mengenai topik yang sangat biasa, harus disuntikkan nyawa ke dalamnya agar hidup. Seni dan pengetahuan ini dinamakan copywriting.
Setelah seorang pengunjung datang ke blog Anda, mereka akan mulai membaca. Kalimat pertama dan paragraf pendahulan haruslah menarik agar pembaca memutuskan untuk menelusuri keseluruhan konten. Di Internet, orang seringkali bergerak sangat cepat. Mereka dengan cepat bergerak dari atas peramban web ke bawah dan hanya berhenti jika benar-benar menemukan hal yang menarik.
Dengan kata lain, Anda punya waktu yang sangat sedikit untuk menarik perhatian mereka. Dan bila konten Anda kuat dan berhasil menghibur atau membuat mereka berdecak kagum, mungkin mereka akan berlangganan RSS blog Anda. RSS itu pada dasarnya format berkas yang berisi konten blog Anda, yang dapat dibaca dari pembaca RSS. Seorang pelanggan tidak harus mengunjungi blog Anda untuk mengetahui apakah ada tulisan baru. Pembaca RSS akan memberitahu kepada mereka.
Aliran proses itu dapat dijadikan panduan untuk menarik pemirsa. Penting diingat bahwa jika salah satu titik yang dijelaskan di atas lemah, pembaca mungkin saja memutuskan untuk berhenti dan tidak pernah kembali lagi. Dan aliran proses ini hanyalah suatu proses.
Merupakan bidang yang lain pula bila Anda ingin menulis dengan gaya yang menarik. Beberapa orang memiliki talenta untuk yang satu ini sedangkan yang lain harus berimprovisasi sedikit demi sedikit. Harus diakui saya termasuk yang belakangan.
Oh ya, satu lagi. Format tulisan pun bisa menentukan apakah konten Anda menarik atau tidak. Ingat bahwa pemirsa bergerak cepat. Jika konten Anda hanya kumpulan tulisan dengan paragraf panjang, tanpa format apa-apa, dalam satu halaman web, pembaca akan patah semangat dan mencari sumber daya lain. Mereka tidak punya banyak waktu kecuali Anda telah berhasil meyakinkan mereka tentang kualitas dan daya tarik tulisan tersebut.
Salah satu cara yang suka saya pakai adalah dengan membagi-bagi tulisan menjadi beberapa bagian. Metode lain adalah dengan menulis dalam format yang mudah dicerna. Misalnya, 3 langkah membuat blog gratis. Setiap langkah akan merupakan sub-bagian dari artikel sehingga tidak terlihat sebagi suatu blok konten yang membosankan.

Di Mana Anda Dapat Menemukan Gambar Gratis atau Murah Uuntuk Blog Anda?

Orang bilang satu gambar bisa mengkomunikasikan seribu kata. Peran gambar bukan saja sebagai pendukung tulisan tapi juga sebagai jeda dalam suatu tulisan blog yang panjang. Tapi banyak yang bertanya-tanya di mana mereka dapat mencari gambar gratis atau murah untuk dipakai di blog.
Banyak blogger lokal yang menggunakan gambar yang mereka temukan dari mana saja, termasuk Google Image, tanpa berpikir panjang. Pendekatan ini harus dilakukan dengan hati-hati sebab gambar dan foto bisa jadi merupakan karya yang ada hak ciptanya. Kecuali Anda punya izin khusus dari pemiliknya, sebaiknya jauhi gambar yang tidak jelas sumbernya.
Untungnya, banyak pemilik gambar dan foto yang berbaik hati mengizinkan pemakaian foto mereka. Flickr contohnya adalah situs gambar dan foto yang sangat populer. Di sana Anda dapat mencari foto-foto yang dapat dipakai dengan gratis. Banyak gambar menarik yang untuk memakainya tidak perlu membayar royalti, hanya saja Anda harus memasang taut kembali kepada sumber.
Jika Anda tidak keberatan membayar, iStockPhoto.com menawarkan jutaan foto berkualitas tinggi. Harga dimulai dari kira-kira USD 1 per foto ukuran kecil, cocok dipergunakan untuk blog.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons